News

Peserta PIT HPMI VIII 2025 Membludak, HPMI Gelar Workshop Gelombang Ke II : Demi Peningkatan Kinerja Yankes

Oleh Admin Sabtu, 23 Agustus 2025


Infokom DPP PPNI - Konsistensi Himpunan Perawat Manajer Indonesia (HPMI) yang merupakan badan kelengkapan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), dimana salah satu manfaat keberadaannya untuk meningkatkan kinerja layanan kesehatan melalui fokus pada perencanaan tenaga keperawatan kembali terwujud.

Sebelumnya Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) VIII HPMI telah dilaksanakan pada tanggal 11-12 Juli 2025 lalu, mendapatkan respon yang luar biasa dengan jumlah peserta workshop diluar batas yang ditentukan panitia.

Untuk mengakomodir antusias dari peserta, maka workshop dibuat menjadi dua gelombang, yaitu pada tanggal 23 Agustus 2025 di Aula STIKES RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

Pada kegiatan kali ini mengangkat tema besar “Peran dan Tanggung Jawab Perawat Manajer Dalam Pemenuhan Kesejahteraan Perawat Untuk Meningkatkan Kinerja Layanan Kesehatan.”

Workshop kedua ini diikuti oleh sekitar tujuh puluhan peserta dari berbagai latar belakang, diantaranya manajer rumah sakit, Perawat pelaksana, Dosen Keperawatan, hingga pengambil kebijakan dari Dinas Kesehatan.

Adapun rangkaian kegiatan workshop terdiri atas pengantar workshop, diskusi dan presentasi, serta melibatkan pemateri yang berkompeten. 

Didin Syaefudin selaku Ketua Pengurus Pusat HPMI dalam sambutannya, yang disampaikan tertulis dari panitia pelaksana, bahwa pentingnya peran manajer keperawatan dalam mengelola tenaga keperawatan.

Menurutnya, pengelolaan ini termasuk bagaimana Perawat dapat mencapai jenjang karier dan lingkungan kerja yang sehat.

Workshop dalam kegiatan ini difokuskan pada integrasi metode keperawatan primer dengan prinsip Patient Centered Care (PCC) dan pendekatan Transforming Care at the Bedside (TCAB) dalam pemberian asuhan keperawatan serta staffing dalam perencanaan tenaga keperawatan, melalui penggunaan metode FTE, WISN, dan patient acuity.

Dimana peserta dilatih untuk menyusun dokumen ketenagaan berbasis data sebagai alat advokasi kepada manajemen rumah sakit.

Dengan terselenggaranya workshop yang merupakan rangkaian dalam PIT VIII ini, HPMI berharap dapat terus memperkuat jejaring profesional antar Perawat Manajer dan memperluas kolaborasi untuk reformasi pelayanan keperawatan yang lebih adil, bermutu, dan berkelanjutan di seluruh Indonesia. (IR)


Sumber : Panitia Pelaksana Workshop Gelombang II

Dikembangkan oleh ppnipusat.or.id - Departemen Teknologi Informasi © Copyright 2023